2.1 Visi
SMP Negeri 2 Kuningan
Visi
adalah wawasan yang menjadi sumber arahan dan gambaran tentang situasi program
kegiatan yang ingin diwujudkan pada masa satu tahun ke depan dengan didasari
pada kebutuhan dan potensi sekolah dengan memperhatikan
perkembangan dan tantangan masa depan. Misalnya, perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi, arus globalisasi dan informasi, perubahan prilaku dan moral
manusia, serta perubahan kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap
pendidikan.
Adanya
tantangan dan peluang dari akibat perubahan tersebut, maka perlunya sekolah
untuk merespons tantang dan peluang, oleh karena itu. Kami membuat suatu
keputusan bersama dalam lembaga sekolah dengan merumuskan visi sekolah yaitu:
”TERWUJUDNYA
PESERTA DIDIK BERPRESTASI, BERKARAKTER RELIGI DALAM SUASANA LINGKUNGAN YANG
AMAN DAN MENYENANGKAN TAHUN 2027”
2.2 Misi
SMP Negeri 2 Kuningan
Dalam
merumuskan misi harus mempertimbangkan dan menganalisis tugas pokok sekolah
dan kelompok-kelompok yang
berkepentingan, melalui bentuk layanan untuk memenuhi tuntunan yang dituangkan
dalam visi sekolah dengan berbagai indikatornya. Untuk mencapai visi tersebut,
perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang
jelas. Misi yang disusun antara lain sebagai berikut:
1. Mewujudkan peserta didik berprestasi di bidang akademik
dan non akademik;
a. Misi
sekolah kami adalah membentuk profil pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong,
berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif melalui pencapaian prestasi
dalam berbagai kompetisi dan asesmen nasional seperti OSN, 02SN, FLSN, GSI,
LITERASI, LKBBI, dan English Speech. Kami mengintegrasikan nilai-nilai
Pancasila dalam setiap aspek pembelajaran dan kegiatan di sekolah
b. Menunjukkan
peningkatan dalam keterampilan berbahasa Inggris melalui keikutsertaan dalam
kompetisi English Speech.
c. Mendorong
literasi dan kreativitas siswa melalui berbagai kegiatan literasi, seperti
membaca, menulis, dan berbicara di depan umum.
d. Memfasilitasi
partisipasi siswa dalam kompetisi ilmiah dan olahraga, serta memberikan
dukungan penuh untuk mencapai prestasi tertinggi.
2. Pembiasaan positif menjadikan peserta didik berkarakter
religi;
a. Demonstrasi
sikap yang santun dan sopan melalui praktik Pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa,
Sopan, Santun) sebagai budaya positif di sekolah
b. Demonstrasi
pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Al-Qur'an melalui Murotal Asmaul
Husna, Tilawah, dan Tahfidz.
c. Meningkatkan
kecintaan terhadap agama melalui partisipasi aktif dalam kegiatan berbasis
keagamaan seperti sholat berjamaah, pesantrensekolah, dhuha, dan Yasinan.
d. Menyediakan
kantin dengan menu dan suasana yang mendukung nilai-nilai agama.
e. Mendorong
pengembangan ahlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
f. Menunjukkan
kemampuan dalam mempraktikkan nilai-nilai Al-Qur'an melalui Tilawah dan
Tahfidz.
g. Mengadakan
kegiatan kurban sebagai bentuk kepedulian sosial dan keagamaan.
h. Mendukung
kegiatan Rohis untuk pembinaan spiritualitas siswa
3. MenciptakanPeserta didik Cinta Lingkungan yang Aman:
a. Mengimplementasikan
konsep sekolah ramah anak yang menciptakan lingkungan belajar yang aman dan
menyenangkan bagi peserta didik.
b. Mengadopsi
konsep Green School dengan fokus pada praktik ramah lingkungan dan keberlanjutan.
c. Menjaga
keamanan fisik dan mental di lingkungan sekolah.
d. Menyediakan
fasilitas kesehatan dan mendukung gaya hidup sehat bagi peserta didik dan staf.
e. Menciptakan
lingkungan fisik yang nyaman, bersih, dan estetis sesuai dengan visi sekolah.